Potensi Wisata di Kabupaten Jayapura Butuh Perhatian

SENTANI, disbudpar.jayapurakab.go.id Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  RI, Sandiaga S. Uno menyampaikan bahwa potensi wisata di Kabupaten Jayapura membutuhkan perhatian. Hal ini disampaikan dalam pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) Ke-XIII pada Rabu (5/7) lalu, di Kawasan Wisata Pantai Kalkhote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Dikatakan Triwarno, potensi wisata di Kabupaten Jayapura begitu banyak. Mulai dari Danau Sentani, Bukit Tungkuwiri atau masyarakat sering disebut Bukit Teletubis, Kali Biru, melihat pemandangan indah Sentani di Ifar Gunung, Kampung Wisata, keindahan laut di Depapre, Tablanusu dan lainnya.

“Selain kami memiliki objek wisata yang bagus dan beraneka ragam, kami juga memiliki atraksi seni maupun budaya yang indah nan syahdu. Mulai dari berbagai macam tarian tradisional dari berbagai kampung, lagu-lagu asli Sentani dengan alat musik tradisional dan berbagai kuliner yang dimasak dengan bahan lokal seperti sagu,’’ ucapnya.

Untuk itu, Triwarno berharap kepada Menteri Sandiaga Uno bisa membantu pemerintah dalam menjaga eksistensi dan kelestarian seni budaya tradisi yang ada di Kabupaten Jayapura. Termasuk obyek wisata, dengan cara mempromosikan potensi wisata dan kuliner, souvenir khas Papua ke semua daerah yang ada di Indonesia bahkan mancanegara.

Diharapkan juga kerjasama dari tokoh adat, tokoh pemuda maupun masyarakat pemilik hak ulayat, dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah tentu harus dikelola dengan baik, sesuai dengan aturan yang ada. Pemilik hak ulayat harus mau kerjasama dengan pemerintah dalam membangun potensi pariwisata yang ada.

“Potensi wisata harus dibangun bersama-sama. Tidak hanya tugas pemerintah saja, tapi pemilik hak ulayat dan masyarakat setempat harus benar-benar sama- sama komitmen mau memajukan potensi wisata yang ada dan bisa menaati segala konsekuensi yang ada, karena dalam mengelolapotensi wisata yang maju tentu harus ada pedoman yang dilakukan melalui Sapta Pesona dengan tujuh unsur yang terkandung di dalamnya yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.Diharapkan ini juga bisa diterapkan disemua objek wisata di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Admin: ®

Rilis: (Tina)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *