Diskusi Strategis Untuk Meningkatkan Pariwisata di Kabupaten Jayapura

SENTANI, disbudpar.jayapurakab.go.id – Dalam upaya untuk memajukan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Jayapura, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jayapura, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, bersama dengan pihak manajemen Garuda Indonesia, Angkasa Pura I, ASITA (Asosiasi Travel Agent Indonesia), PHRI Provinsi Papua, dan berbagai Badan Usaha Milik Daerah/Badan Usaha Milik Negara (BUMD/BUMN), mengadakan diskusi strategis yang bertujuan untuk merencanakan arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jayapura.

Pertemuan yang dilaksanakan di Cafe Social Culture, Jalan Raya Abepura Sentani pada hari Selasa, 17 Oktober 2023, dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai, menghasilkan sejumlah kesepakatan penting. Salah satu fokus utama dari pertemuan ini adalah untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura, khususnya di Sentani, guna mendatangkan devisa daerah serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat dan kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

Salah satu kesepakatan utama adalah kewajiban baik Kabupaten Jayapura maupun Kota Jayapura untuk menyediakan minimal satu objek wisata sebagai “roll model” yang akan dikunjungi oleh para wisatawan. Objek wisata ini akan dipilih dengan mempertimbangkan faktor aksesibilitas, daya tarik, Atraksi/pertunjukan, kuliner khas, serta produk souvenir yang ditawarkan oleh para UMKM setempat.

Manajemen Garuda Indonesia dan Angkasa Pura I akan berperan dalam mengatur paket perjalanan wisata yang akan mencakup objek-objek wisata yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih baik dan lengkap bagi para pengunjung.

Dalam pertemuan ini, pihak-pihak yang hadir juga berkomitmen untuk bekerja sama dalam mengembangkan infrastruktur pariwisata, promosi, dan pemasaran destinasi wisata di Kabupaten Jayapura. Diharapkan kerja sama ini akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini, memberikan peluang ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat, dan memajukan sektor pariwisata di Papua. Semua pihak yang terlibat berharap bahwa melalui kolaborasi yang erat ini, Kabupaten Jayapura dapat menjadi destinasi pariwisata yang lebih menarik dan berkontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Admin: ®

Rilis: (Fredmdw)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *